PASAR INTERNASIONAL
Secara umum segmentasi pasar internasional adalah berdasarkan aspek geografis (nasional, regional, maupun global).1. Kelompok pasar Eropa (E , EFTA, COMECON)2. Kelompok pasar Timur Tengah (OAPEC, Aeab Common Market)3. Kelompok pasar Asia (Jepang, China, ASEAN, AFTA)4. Kelompok pasar Amerka Utara (US, Kanada, NAFTA)5. Kelompok pasar Amerika Latin (ANCOM, CACM, CARICOM, LAIA)6. Kelompol pasar Afrika (ECOWAS, CEAO, CEUA, AMEU, EACU)Indicator yang dapat dipergunakan untuk analisis pasar internasional adalaj : Pertumbuhan penduduk, GDP, GNP, Ekspor-Impor, Kehidupan social, Konsumsi, Militer, dan Investasi.
STRATEGI MEMASUKI PASAR INTERNASIONALPilihan strategi yang dapat dipilih untuk memasuki pasar internasional adalah :1. Ekspor (pasif maupun aktif)2. Licencing3. Joint Venture (concoria, management, manufacturing)4. Direct InvestmentPROGRAM PASAR INTERNASIONALProgram pasar internasional yang meliputi produk, promosi, harga dan distribusi, menyangkut pertimbangan antara persoalan standarisasi atau adaptasi terhadap kehidupan negara tujuan.Produk internasional :Faktor-faktor penentu tingkat adaptasi produk internasional :1. Karakteristik wilayah local, negara atau regionalPeraturan pemerintahHambatan nontariffKarakter konsumen (harapan dan preferensi)Pola pembelianKulturPoternsi ekonomi pemakaiTahap pertumbuhan ekonomiPersainganIklim dan geografi2. Karakteristik produk :Kosntitusi produk, merk , dan pembungkusanPenampilan fisikFungsi dan atributKeawetan dan kualitasPemasanganPemeliharaan dan pelayananNegara asal3. Konsiderasi perusahaan :KemampulabaanPeluang pasarBiaya adaptasiKebijakan dan konsistensiOrganisasi dan sumberdaya
Promosi Internasional :Alternative untuk melakukan promosi dipasar internasional adalah : periklanan, promosi penjualan, personal selling dan publisitas. Persoalan utama yang dihadapi adalah pilihan promosi standar atau adaptasi. Beberapa faktor yang menentukan rancangan tersebut adalah : peraturan pemerintah lokal, bahasa, kultura, media, produksi dan pembatasan biaya.
Strategi kombinasi antara produk dan promosi internasional adalah :1. Perluasan langsung2. Adaptasi komunikasi3. Adaptasi produk4. Adaptasi majemuk5. Invensi produk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar