Kamis, 21 Juni 2012

PASAR INTERNASIONAL


PASAR INTERNASIONAL

Secara umum segmentasi pasar internasional adalah berdasarkan aspek geografis (nasional, regional, maupun global).
1.       Kelompok pasar Eropa (E , EFTA, COMECON)
2.       Kelompok pasar Timur Tengah (OAPEC, Aeab Common Market)
3.       Kelompok pasar Asia (Jepang, China, ASEAN, AFTA)
4.       Kelompok pasar Amerka Utara (US, Kanada, NAFTA)
5.       Kelompok pasar Amerika Latin (ANCOM, CACM, CARICOM, LAIA)
6.       Kelompol pasar Afrika (ECOWAS, CEAO, CEUA, AMEU, EACU)
Indicator yang dapat dipergunakan untuk analisis pasar internasional adalaj : Pertumbuhan penduduk, GDP, GNP, Ekspor-Impor, Kehidupan social, Konsumsi, Militer, dan Investasi.

STRATEGI MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL
Pilihan strategi yang dapat dipilih untuk memasuki pasar internasional adalah :
1.       Ekspor (pasif maupun aktif)
2.       Licencing
3.       Joint Venture (concoria, management, manufacturing)
4.       Direct Investment
PROGRAM PASAR INTERNASIONAL
Program pasar internasional yang meliputi produk, promosi, harga dan distribusi, menyangkut pertimbangan  antara persoalan standarisasi atau adaptasi terhadap kehidupan negara tujuan.
Produk internasional :
Faktor-faktor penentu tingkat adaptasi produk internasional :
1.       Karakteristik wilayah local, negara atau regional
Peraturan pemerintah
Hambatan nontariff
Karakter konsumen (harapan dan preferensi)
Pola pembelian
Kultur
Poternsi ekonomi pemakai
Tahap pertumbuhan ekonomi
Persaingan
Iklim dan geografi
2.       Karakteristik produk :
Kosntitusi  produk, merk , dan pembungkusan
Penampilan fisik
Fungsi dan atribut
Keawetan dan kualitas
Pemasangan
Pemeliharaan dan pelayanan
Negara asal
3.       Konsiderasi perusahaan :
Kemampulabaan
Peluang pasar
Biaya adaptasi
Kebijakan dan konsistensi
Organisasi dan sumberdaya

Promosi Internasional :
Alternative untuk melakukan promosi dipasar internasional adalah : periklanan, promosi penjualan, personal selling dan publisitas. Persoalan utama yang dihadapi adalah pilihan promosi standar atau adaptasi. Beberapa faktor  yang menentukan rancangan tersebut adalah : peraturan pemerintah lokal, bahasa, kultura, media, produksi dan pembatasan biaya.

Strategi kombinasi antara produk dan promosi internasional adalah :
1.       Perluasan langsung
2.       Adaptasi komunikasi
3.       Adaptasi produk
4.       Adaptasi majemuk
5.       Invensi produk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar